KOMUNITAS MUSIK METAL

 KOMUNITAS MUSIK METAL

Oleh : Teguh Imanto

teguhs blog logo fin

 Tatkala alunan musik super keras melantun di udara dalam detuman sound system ribuam watt di tengah suasana gegap gempita gemuruhnya suara penonton yang mengelilingi pangung raksasa dan dipandu dengan jingkrak-jingkraknya para pemain musik mengikuti kerasnya irama teriakan seorang vokalis yang memekikkan teleinga itu, merupakan salah satu bentuk apresiasi seni dari komunitas pecinta musik metal. Bagi anak-anak muda yang jiwanya terkontiminasi dari derasnya pengaruh globalisasi, akan melahirkan jiwa-jiwa dinamis dalam kelompok-kelompok tertentu dalam hiasan kenyentrikan atribut yang didominasi asesoris serba metal ini merupakan suatu kelompok atau komunitas musik beraliran cadas. Bagi kelompok-kelompok yang bersebrangan dan tidak menyukainya aliran ini tentu akan merasa risih melihat gaya penampilannya terkesan urakan. Sebuah musik cadas yang aliran iramanya serba hingar bingar ini, sebagian kalangan menganggapnya sebagai musik yang hanya membuat telinga menjadi tuli dan tidak menutup kemungkinan jantung si nenek bisa copot dibuatnya. Aliran music ini banyak digandrungi anak-anak muda sekarang baik yang masih tingkat SMA maupun tingkat Universitas bahkan tingkat orang dewasapun masih banyak menyenangi musik ini.

Para penganut kelompok musik ini dinilai mempunyai kecenderungan sikap agresif yang tinggi, mengapa hal itu terjadi. Keagresifan itu muncul dikarenakan Irama musik yang disandangnya mempunyai  beat yang terlalu cepat, dampaknya akan mempompa jantung semakin cepat pula, dan ketika jantung bekerja terlalu cepat dari biasanya akan menimbulkan efek Physiology (bukan psikologi) yang menyebarkan aliran darah yang deras keseluruh bagian tubuh (yang dikenal sebagai adrenalin yang meningkat), dari sisi kesehatan ini tidak baik, karena jantung tidak bisa dipaksa bekerja terlalu cepat yang bisa menyebabkan hypertensy, kemudian efek psikologisnya, ketika tubuh dalam keadaan tidak balance, maka akan menstimulasi suatu kecenderungan prilaku yang agresif dan reaktif.

 

1. Musik Rock Muncul Pertama di Era 70an

Kelompok musik ini awalnya muncul di era tahun 70an dengan nama pada waktu itu ROCK. Banyak group band yang eksis pada era ini dan masing masing group mempunyai karakter pementasan sendiri. Misalkan goup rock Led Zeppelin dengan aspek sentral didefinisikan dari genre beragam ritme muncul, dengan gitar gaya sangat terdistorsi dan penyanyinya Robert Plant’s yang dramatis itu betapa tidak ketika menarik vokalnya dalam-dalam terkesan dalam pikiran audien sang vokalis histeris dengan menarik suaranya yang meraung-raung.  Sementara kelompok band lainnya, dengan konsisten berat, lebih murni “logam suara”, akan terbukti sama pentingnya dalam kodifikasi genre. Rilis tahun 1970 melahirkan group band Black Sabbath, Paranoid dan Deep Purple. Black Sabbath telah mengembangkan berat suara terutama di sebagian karakter drumnya dikarena kecelakaan industri gitaris Tony Iommi yang menderita sebelum cofounding band. Suatu kerjasama lirik dan citra yang dipekerjakan oleh Black Sabbath dan Uriah Heep akan terbukti sangat berpengaruh terhadap perkembangan musik berikutnya. Dalam waktu yang bersamaan kelompok Led Zeppelin juga mulai pemperdalam latar depan dari beberapa elemen hingga menciptakan ritme baru dan sukses dan sempat terealisasi dengan rilis albumnya.

 

 

 

* Kelompok group band pertama yang menggebrak kalangan muda dunia dalam seni musik hingga mempengaruhi lahirnya musik-musik aliran lain di sekitar tahun 70 an. Keberadaan group ini melahirkan kelompok-kelompok musik pada periode berikutnya *

 

2. Heavy Metal Muncul Mengubah Gaung citra dari Rock

Warna musik Heavy Metal merupakan pewarnaan baru dari musik rock berikutnya di mana perkembanganya bergema dalam era 70’an itu, mampu menggelorakan kamum muda di setro belahan bumi yang digawangi oleh kelompok band-band seperti Led Zepplin, Black Sabbath, dan Deep Purple. Heavy Metal pada era tersebut masih dipengaruhi oleh elemen Blues yang kental. Kelompok Roling Stone mewarnai dengan kecepatan beat dan bercampur dengan blues serta gerakan para penyanyinya yang atrktif di panggung. Kelompok ini dinilai berbagai kalangan yang mampu menciptakan adegan kompak ketka dipanggung. Ketenaran Rolling Stones disebabkan oleh vokalisnya Mick Jagger yang lincah pada waktu melanturkan suaranya dipadu dengan saling bersautan antar personel dalam setiap pementasannya. Pada kanca berikutnya Judas Priest mengembangkan genre ini dengan menghilangkan unsur blues dan lebih mengandalkan distorsi, beat yang lebih cepat, dan harmoni. Pada akhir 70’an munculah New Wave oF British Heavy Metal yang dipelopori Motorhead, NWOBHM menggabungkan Punk dan Heavy Metal. Band-band NWOBHM lainya adalah Iron Maiden, Saxon, Venom, Diamond Head, dll.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

* Kelompok group band beraliran Rock yang tumbuh di beberapa Negara telah memacu jiwa gejolak kaum muda dunia hingga menjadi pencandu musik rock yang eksis di era pasca tahun 70an *

 

Perusahaan rekaman Atlantik group telah mengatur Trend “Grand Funk Railroad” dan mendapat sambutan yang sukses secara komersial di Amerika dengan versinya heavy-metal. Banyak kelompok heavy metal yang terdiri dari Rush, Kiss, Scorpions, Lonesome Crow, Machine Head  dan  Rainbow. Kelompok Band-band ini juga dibangun oleh penonton melalui tour konstan dan semakin rumit menunjukkan sepak terjangnya di panggung konser. Ada argumen tentang apakah ini dan band-band awal benar-benar memenuhi syarat sebagai “logam berat” atau hanya sebagai “hard rock.” Saja, atau menempatkan penekanan yang lebih besar untuk lebih dekat pada melodi groupnya AC/DC dengan karakter debut iramanya bertegangan tinggi, yang kemunculannya dianggap paling akhir dalam deretan kelompok Heavy Metal di era tahun 1975.  Kelompok heavy metal pada era di akhir tujuh puluhan, sebagian menyebut dirinya ke arah  Rack‘n’roll. Masalah ini tidak hanya salah satu definisi pergeseran aliran musik, tetapi juga perbedaan gigih antara gaya musik dan identifikasi penonton: Ian Christe menggambarkan bagaimana band “menjadi batu loncatan yang menyebabkan sejumlah besar penggemar musik rock keras ke kebinasaan logam berat.”

 

 

 

 

* Kelompok group band beraliran Rock yang tumbuh di beberapa Negara memacu gejolak kaum muda dunia menjadi pencandu musik rock yang eksis di era berikutnya hingga tahun 80an *

 

3. Metal Muncul Sebagai Warna Musik Cepat

Pada era 80an aliran metal cepat bergemah dan pelopornya adalah Judas Priest dan sempat membakar jiwa anak muda pada konsernya di Amerika Serikat sampai tahun 1980. bagi banyak orang itu adalah pasca-Sabat definitif metal berat; twin-gitar menyerang, menampilkan tempo cepat dan, nonbluesy lebih bersih suara metalik, adalah seorang besar mempengaruhi tindakan kemudian. Sedangkan logam berat semakin populer, hal ini membuat kritikus sebagian besar tidak terpesona oleh musik ini. Seperti dikemukakan oleh kritikus terkemuka Robert Christgau menggambarkannya sebagai “membosankan dan dekaden … bodoh, eksploitasi amoral “.

Kelompok beraliran keraspun mulai muncul menyertai esisnya Judas Priest diantaranya adalah Quit Riot, Glam Metal, Iron Maiden, Saxon, Def Leppard, Van Halen, Gun ‘n Roses serta group lainnya itu, telah melahirkan ikon baru dalam desain pementasannya.  Adegan dengan pemakaian logam mulai berkembang di dipengaruhi oleh kekuatan sifat logam berat tradisional yang menjadi ikon dalam pementasannya. Pementasan memasukkan drama seperti yang dilakukan oleh Glam Metal dan terkadang menjadi hedonism dn cenderung berperilaku liar pada pementasannya misalnya membanting kitar hinggga hancur, membakar sound system yang ada disekitar panggung, seperti tindakan group Alice Cooper dan Kiss. Warna Musik dan gaya pementasan telah melahirkan babak baru dalan kanca musik dunia. Berbagaimacam lirik telah memacu eksperimental pada kelompok-kelompok untuk menemukan gaya mereka sendiri. Gerakan seperti yang dilakukan glam metal-bersama dengan tindakan serupa oleh group lain itu,  ditata kembali oleh penampilan Twisted Sister di New York Amerika Serikat yang memukau di kalangan anak muda telah menjadi kekuatan utama dalam spektrum yang lebih luas tentang perkembangan musik metal berikutnya.

 

 

 

* Kelompok group baru yang mengusung ikon metal serta adegan-adegan radikal dalam pementasannya, merupakan bentuk dan warna baru dalam musik dunia dan telah menghegemoni dalam budaya masyarakat dunia *

 

4. Klasifikasi Jenis Musik Metal

Pada generasi berikutnya perkembangan music metal mengalami kemajuan bahkan terpisah beberapa jenis. Beberapa upaya telah dilakukan untuk peta dunia music metal dengan keragaman yang kompleks, dan bahkan memasukkan dalam istilah Underground music yang bergerak dalam lingkup tak terbatas pada ruang dan waktu. Musik yang tergolong di dalam kanca music metal dibagi beberapa kategori dan masing-masing telah berkembang hingga saat ini. Aliran thrash metal, death metal, black metal, power metal.

 

a. Thrash Metal dan Speed Metal

Thrash metal muncul pada tahun 1980 di bawah pengaruh hardcore punk dan New Wave of British Heavy Metal, terutama lagu di-up gaya revved yang sering dikenal sebagai speed metal. Gerakan dimulai di Amerika Serikat, dengan Bay Area thrash metal menjadi suatu adegan terkemuka di kalangan anak muda Amerika. Suara yang dikembangkan oleh kelompok-kelompok thrash lebih cepat dan lebih agresif dibandingkan dengan band-band metal asli dan mereka glam pengganti logam. Alunan musik Thrash Metal memainkan tempo lagu sangat cepat yang diusung oleh gitaris yang memainkan gitar rhytm dengan irama yang melengking-lengking memekikkan telinga, Sementara ”Speed Metal” dimainkan lebih cepat dan terkadang iramanya sangat cepat serta bertenaga bagai kuda yang dicambuk penunggangnya hingga larinya sangat kencang. seperti Motörhead sering mengungkapkan nihilistik dalam suatu pandangan atau berurusan dengan isu-isu sosial dengan menggunakan bahasa berdarah berceceran. Thrash Metal telah digambarkan sebagai bentuk dari “musik kanker urban” dan “sepupu dari palefaced rap”, bagian sub genre ini dipopulerkan oleh “Big Four of Thrash” terdiri dari Metallica, Anthrax, Megadeth dan Slayer, dimana pada setiap konsernya selalu mendapat respon dari para penggemarnya di berbagai belahan dunia.  Sementara Tiga group band Jerman diantaranya Kreator, Sodom, dan Destruction, memainkan peran sentral dalam membawa gaya ke masyarakat Eropa. Brasil juga mempunyai group band Sepultura, dan peran kelompok ini juga memiliki dampak yang signifikan dalam perkembangan musik metal. Sementara thrash dimulai sebagai sebuah adegan atau gerakan di bawah tanah, dan tetap sebagian besar yang selama hampir satu dekade, sebagai group band terkemuka dalam gerakannya mulai menjangkau pada khalayak yang lebih luas.

 

 

 

* Kelompok Band Metallica, Anthrax, Megadeth sering disebut sebagai kelompok yang beraliran Thrash Metal dengan kekuatan tempo yang dimainkan secara  cepat *

 

 

 

 

* Kelompok Band Slayer, Saxon, Kreator sering disebut sebagai kelompok yang beraliran Speed Metal dengan kekuatan tempo yang dimainkan lebih cepat. Nada-nada yang dimainkan merupakan mengembangan dari sebelumnya *

 

b. Death Metal

Death metal, seperti thrash metal, umumnya menolak drama gaya logam sebelumnya, bukannya memilih untuk tampilan sehari-hari jeans robek dan jaket kulit polos. Satu pengecualian utama untuk peraturan ini adalah Deicide ‘s Glen Benton , yang bermerek terbalik pada dahi dan memakai baju besi silang di atas panggung. Morbid Angel mengadopsi neo-fasis citra. Kedua band, ini bersama dengan Death dan Obituary, pemimpin dari adegan death metal besar yang muncul di Florida pada pertengahan 1980-an. In the UK, the related style of grindcore , led by bands such as Napalm Death and Extreme Noise Terror , emerged out of the anarcho-punk movement. A large Scandinavian deathmetal scene, with bands such as Sweden’s Entombed and Dismember , began to develop as well. Di Inggris, gaya terkait grindcore , dipimpin oleh band-band seperti Napalm Death dan Extreme. Teror Kebisingan, muncul keluar dari anarko punk gerakan besar metal Skandinavia kematian scene, dengan band-band seperti Swedia Entombed dan Dismember, mulai berkembang juga. Out of this evolved a melodic death metal sound, typified by Swedish bands such as In Flames , Dark Tranquillity , Arch Enemy and Finland’s Children of Bodom and Kalmah . The death metal gerakan di Amerika Utara dan Eropa diadopsi dan menekankan unsur penghujatan dan kultus setan dipekerjakan oleh tindakan seperti itu. Florida’s Death and the Bay Area’s Possessed are recognized as seminal bands in the style.Both groups have been credited with inspiring the subgenre’s name, the latter via its 1984 demo Death Metal and the song “Death Metal,” from its 1985 debut album Seven Churches (1985). kelompok ini telah digolongkan dengan nama subgenre inspirasi. Bead yang diciptakan dengan kecepatan yang tinggi dan suara melalui vokalisnya sering menjerit-jerit dengan suara ke arah serak atau berat seperti orang yang kesurupan setan. Makanya banyak kalangan kelompok yang tergabung dalam genre ini termasuk orang-orang yang mencitai suara yang mengerang, mirip siksa kubur. Keberadaan kelompok band pada jenis ini, kalau merancang desain grafis untuk cover albumnya selalu menampilkan  visualisasi Cover  berillustrasi suasana yang mengerikan misalnya gambar tengkorak, kuburan dan sejenisnya hal ini mengindikasikan sebuah kelompok berpenampilan dalam aksinya di panggung atau pada pementasan menjadi terkesan seram dan menakutkan.

 

 

 

* Kelompok Death Metal sering disebut sebagai kelompok band yang beraliran seram dengan kekuatan suara yang mengerang. Kelompok ini dalam penampilannya terkadang liar hingga penonton histeris melihatnya *

 

c. Black Metal

Gelombang pertama dari logam hitam muncul di Eropa pada pertengahan 1980-an awal dan, dipimpin oleh Inggris Venom , Swiss Hellhammer dan pada akhir 1980-an, band Norwegia seperti Burzum sedang menuju gelombang berikutnya. Black metal dalam memainkan musiknya sering malakukan permainan variasi dalam gaya dan kualitas produksi, meskipun kebanyakan band menekankan suara menjerit yang kencang dan menggeram yang ganas bagai orang tersiksa kesakitan melali vokalisnya. Permainan gitar terdistorsi sangat sering diputar dengan cepat memilih tremolo, suasana gelap serta dengan Ambient kebisingan yang melatar belakangi suasana yang mendesis, dalam setiap produksinya. Setan dipakai isu sentral dalam melatar belakangi pementasannya berdasarkan liring lagu yang cenderung mengerang, tema ini umumnya menjadi identitas dari aliran musik black metal. Kelompok band Black Metal banyak juga melakukan eksperimen dengan suara dari semua kemungkinan bentuk logam, folk, electronica klasik, musik dan avant-garde. Dari cara mereka berpakaian dan komitmennya untuk membuat jelek, baku, barang suram itu.

Sekitar tahun 1990, Black Metal lainnya banyak bertindak juga mengadopsi tampilan yang seram dan terkesan liar. Bathory inspired the Viking metal and folk metal movements and Immortal brought blast beats to the fore. Bathory mengilhami logam Viking dan rakyat logam gerakan dan Immortal membawa ledakan beats kedepan. Some bands in the Scandinavian black metal scene became associated with considerable violence in the early 1990s, with Mayhem and Burzum linked to church burnings. Dengan permainan yang membahayakan dan keliaran dalam pementasannya diantaranya, kelompok band Burzum sering melakukan adegan pembakaran gereja. Tumbuh hype komersial di seluruh death metal yang dihasilkan sebuah tendangan, awal di Norwegia, banyak dari logam Skandinavia bawah tanah bergeser untuk mendukung adegan logam hitam yang menolak menjadi terkooptasi oleh logam komersial industry. According mantan vokalis Gorgoroth Gaahl, “adalah Black Metal tidak pernah dimaksudkan untuk mencapai penonton …. memiliki musuh bersama yang, tentu saja, Kristen, sosialisme dan segala sesuatu yang demokrasi singkatan ”

 

 

 

* Kelompok Black Metal sering disebut sebagai kelompok aliran hampir sama denga Death Metal, Namun dalam cara berpakaian kelompok ini sering menggunakan tanduk mirip pasukan viking *

 

c. Power Metal

power metal datang bersama sebagian besar sebagai reaksi terhadap kekerasan dan kematian, meskipun gayanya bawah tanah yang relatif ke arah  di Amerika Utara, dan berkiblat pada popularitas yang luas di Eropa, Jepang, dan Amerika Selatan.  Power Metal berfokus pada upbeat, melodi epik dan tema yang menarik bagi pendengar dapat merasakan suatu keberanian dan keindahan Prototipe suara yang progresif. Sebuah kelompok band dari Jerman Helloween, yang melakukan eksperimen dengan menggabungkan riff daya, melodi dan bernada tinggi, “bersih” bernyanyi gaya band-band seperti Judas Priest dan Iron Maiden dengan thrash’s kecepatan dan energi, crystalliz berbahan sonik dari apa yang sekarang dikenal sebagai power metal. Dan aliran ini muncul sekitar pertengahan tahun 80an. oleh Jerman Helloween, yang dikombinasikan riff kekuasaan, pendekatan melodius, dan bernada tinggi, “bersih” gaya bernyanyi band-band seperti Judas Priest dan Iron Maiden dengan kecepatan thrash dan energi , “crystalliz bahan sonik dari apa yang sekarang dikenal sebagai power metal.”

Kelompok Power Metal banyak berkembang di selurh dunia, kelompok-kelompok band gaya tradisional seperti di Swedia HammerFall, Inggris Dragonforce , dan Florida’s yang banyak melahir group band beraliran seperti ini diantaranya Es Bumi memiliki suara yang jelas meniru gaya NWOBHM klasik. Kamelot  dan Rusia Katarsis, dengan fitur keyboard-based “simfoni” suaranya, kadang-kadang menggunakan orkestra dan penyanyi opera. Power metal telah membangun fanbase yang kuat di Jepang dan Amerika Selatan, di mana band-band seperti Angra Brasil dan Argentina Blanca Rata populer. Logam Daya telah membangun fanbase Yang KUAT di jepang Dan Amerika  Selatan, di mana band-band seperti di Brasil Angra dianggap mampu mensejajarkan dirinya dengan kelompok Sepultura.

 

 

 

* Kelompok Band aliran Power Metal termasuk perkembangannya sangat luas, kelompok ini dalam menggarap nada-nadanya dengan menggabungkannya antara riff dan melodi tinggi *

 

d. Gotik Metal

Gotik Metal adalah aliran yang lebih mengutamakan penekanan lirik, dengan tempo yang dibawah rata-rata dari sub genre seperti kelompok Extreme Metal lainya. Aliran ini terinspirasi oleh Black Sabbath. Kelompok band yang termasuk aliran ini contohnya adalah Saint Vitus, Obsessed dan Candlemass. Gothic Metal adalah evolusi dari aliran yang muncul sebelunya. Hingga membentuk generasi berikutnya seperti Doom Metal, yang mempunyai persamaan genre yang sempat muncul sebelumnya seperti Death Metal. Gothic Metal dan Doom Metal sekarang banyak mengandalkan harmoni antara vocal pria dan wanita (kadang-kadang dengan growl). Doom Metal menekankan melodi, tempo melankolis, dan suram mood relatif terhadap varietas lain dari logam.

 

 

 

* Kelompok Saint Vitus, Extreme, Candlemass sering disebut sebagai kelompok yang beraliran Gothic Metal dan Doom Metal dengan kekuatan harmonika. serta Nada-nada yang ditekankan pada permainan melodi *

 

e. Kemunculannya Alternative Metal

Tahun 1990 dan seterusnya kelompok-kelompok metal yang sempat melambung namanya itu telah mecitra dalam penampilannya Metallica dirubah citranya: anggota band memotong rambut mereka. Kelompok band-band metal yang  telah sukses secara komersial pada paruh pertama dari dekade-Pantera Far Beyond Driven menduduki chart Billboard tahun 1994-tapi, Di mata kalangan komunitasnya banyak berpandangan suatu yang membosankan dari mainstream yang ada dan bahkan berani berkata logam sudah mati. Beberapa band mencoba untuk beradaptasi dengan lansekap musik baru. Kelompok Metallica mulai mau merubah citranyadengan tindakkan yang diterapkan pada para anggota bandnya untuk memotong rambut mereka dan, pada tahun 1996, berjudul Lollapalooza festival musik alternatif didirikan oleh penyanyi Addiction Perry Farrell Jane. Dalam perjalananya itu tetap saja Metallica sebagai salah satu kelompok band paling sukses di dunia walaupun memasuki era baru, Kelompok ini terus berproduksi dan sering menciptakan konser-konser di beberapa negara, termasuk Sepultura, bahkan di Indonesiapun mereka tunjukkan kemampuannya.

 

 

* Kelompok Band Pantera dengan Beyond Driven merupakan perkembangan berikutnya. Namun penanpilannya kalah tenar dengan metallica *

 

 

 

* Kelompok Band Metallica dinilai oleh kalangan pencinta musik metal, merupakan kelompok yang paling sukses sepanjang tahun 2000an. Banyak anak-anak muda seluruh dunia gandrung dengan kelompok group ini. Bahkan di kalangan anak muda Indonesia *

 

5. Kemunculannya Musik Rock dan Metal di Indonesia

Di Indonesia, musik beraliran “Metal” atau yang sering disebut musik beraliran cadas ini, bisa dikatakan sebagai musik yang bergerak di bawah tanah dan lazim disebut musik underground. Bagaimana tidak, karena kelompok band-band yang beraliran metal ini, dan disimbulkan oleh para pencntahnya dengan mengacungkan jari tiga itu, selalu dikesampingakan dalam apresiasi seni, hanya sebagian orang saja yang mengamati perkembangannya dibandingkan music-musik beraliran laian misalnya pop. Kelompok band ini sering dipersepsikan sebagai band “biang kerok” kerusuhan, keonaran, berisik, lirik yang kasar, dll. Tetapi sejatinya tidaklah demikian. walaupun musik metal berisik, tetapi tetap mengikuti progresi nada-nada yang layak untuk dinikmati. Walaupun musiknya keras namun lirik-lirik yang disuarakan merupakan bentuk ekspresi yang wajar dan jujur. Suara-suara yang dilontarkan perupakan penangkapan suatu realitas kehidupan dan mengapesiasi tentang kritik sosial, politik, tentang Tuhan, cinta, dan makna-makna yang sesungguhnya sangat berkaitan dengan kepentingan sosial masyarakat.

Dalam perspektif industri rekaman, kelompok band yang berakiran simbol jari tiga ini sering menjadi kelompok yang diminoritaskan oleh kaum produser rekaman. produser musik seolah enggan untuk mengorbitkan band-band beraliran metal ini, dikarenakan mereka takut tidak akan meraih keuntungan atau bahkan merugi. karena band-band yang membawakan musik metal dianggap oleh para produser rekaman tidak ada nilai komersilnya, dibandingkan kelompok-kelompok band pop yang massanya banyak hingga penjalan albumnya memuncak. Maka tak heran kalau band-band metal selalu berjuang sendiri dalam menyebarluaskan musiknya melalui pagung-panggung kecil yang menyusup di tengah masyarakat.

Kalau kita menengok kebelakang musik ini sebenarnya telah mengalami kejayaan di tanah air pada dekade tahun 1980an. Pada masa itu anak-anak muda Indonesia demam musik metal yamg mewabah dari serangan media masa yang mengekspose tentang esisnya group musik manca negara seperti Deep Purple, Jefferson Airplane, Black Sabbath, Genesis, Led Zeppelin, Kansas, Queen, Rolling Stones serta group lainnya. Inilah yang meniginpirasi anak-anak muda Indonesia demam lagu lagu rock. Dari sinilah generasi muda Indonesia mulai membentuk group-group band dengan nama-nama yang mereka karang sendiri. Ironisnya kelompok-kelompok ini menyanyikan lagu-lagu dari karya-karya group band barat yang telah dijelaskan di atas. Kelompok-kelompok ini bergerak dalam acara yang dilakukan di sekolah sekolah serta tempat umum melalui lomba-lomba yang diadakan oleh OSIS SMA. Tradisi yang kontra produktif ini kemudian mencatat sejarah namanya sempat mengharum di pentas nasional. Sebut saja misalnya El Pamas, Grass Rock (Malang), Power Metal (Surabaya), Adi Metal Rock (Solo), Val Halla (Medan) hingga Roxx (Jakarta). Nama nama group ini sempat melambung karena penanganan produser rekaman musik beraliran Rock yang satu-satunya di Indonesia bernama Log-Zhelebour.

 

 

* Produser rekaman musik rock di Indonesia bernama Log-Zhelebour, adalah seorang produser yang melambungkan musik rock Indonesia. Dan perusahaannya membiayai beberapa panggung koser musik di Indonesia dengan bekerjasama sama perusahaan Rokok lokal *

 

Selain itu Log-Zhelebour jugalah yang membidani lahirnya label rekaman rock yang pertama di Indonesia, dengan nama Logiss Records. Produk pertama label ini adalah album ketiga God Bless, “Semut Hitam” yang dirilis tahun 1988 dan ludes hingga 400.000 kaset di seluruh Indonesia. Log-Zhelebour dalam menyelenggarakan pementasan musik rock di Indonesia mengajak perusahaan rokok awalnya adalah Jarum. Jarum yang terkenal dan laku di kalangan hati kaum muda adalah Jarum Super. Oleh karenanya setiap pementasan panggung musik rock logo jarum super bertebaran disekitar lapangan yang di jadikan panggung terbuka sebagai ajang pementasan para group band yang akan bermain, termasuk memasukkannya dalam cover kaset para group rock dengan rilis albumnya, yang sempat ditanganinya. Dari tangannya itu, maka lahirlah group-group band berikutnya setelah Godbles, diantaranya adalah Boomerang, Andromeda, Grass Rock, Power Metal, Elpmas  serta nama-nama lainnya.

 

 

 

 

 

* Group-group band beraliran Rock yang sempat melambung namanya dalam kanca musik rock di Indonesia berkat tanganan dari produser Log-Zhelebour lewat logo perusahaannya yang berlebel Logis Record *

 

Log-Zhelebour lewat logo perusahaannya yang berlebel Logis Record, juga mengadakan lomba atau festival musik rock se Indonesia. Tujuan kegiatan ini dilaksanakan, untuk mendapatkan bibit-bibit baru tentang musisi rock di Indonesia. Disamping itu untuk mendebutkan jenis musik rock di tanah air. Berbagai macam kalangan muda dengan beragam warna serta nama dari berbagai wilayah turut serta dalam festival ini. Kegiatan ini diselenggarakan setiap tahun dengan bekerjasama dengan perusahaan rokok di Indonesia yang sempat berjalan dengan pelembungan group sebelumnya itu. Perusahaan yang sering ikut dalam kegiatan yang diprakarsai oleh Log-Zhelebour ini adalah perusahaan rokok jarum, terutama Jarum Super yang sempat tertanam Brandnya di hati kalangan anak muda Indonesia.

 

 

 

* Kegiatan Festival Rock se Indonesia, diselenggarakan dengan tujuan untuk mencari bibit baru, juga menggaung warna musik rock ditanah air hasil prakarsa dari produser Log-Zhelebour dengan bekerjsama Jarum Super *

 

6. Munculnya Warna Musik Metal di Indonesia

          Di Indonesia, musik “Metal” atau yang sering disebut musik beraliran keras, bisa dikatakan sebagai musik yang bergerak di bawah tanah dan lazim disebut musik underground. bagaimana tidak, band-band metal selalu dikesampingakan sebagai band biang kerusuhan, keonaran, berisik, lirik yang kasar. Tetapi sejatinya tidaklah demikian, walaupun musik metal berisik, tetapi tetap mengikuti progresi nada-nada yang layak untuk dinikmati. Warna dan lirik-lirik yang disuarakan merupakan bentuk ekspresi yang wajar dan jujur. kritik sosial, politik, tentang Tuhan, cinta, dan makna-makna yang sesungguhnya sangat menyntuh jika disimak. Memang harus diakui, band-band metal di Indonesia “Relatif” susah untuk meraih simpati masyarakat luas pecinta musik. karena biasanya musik mereka hanya didengarkan oleh orang-orang tertentu (segmented) yang mempunyai selera dan mengerti musik metal sesungguhnya.

Menjelang akhir era 80-an, di seluruh dunia waktu itu anak-anak muda sedang mengalami demam musik thrash metal. Sebuah perkembangan style musik metal yang lebih ekstrem lagi dibandingkan heavy metal. Band- band yang menjadi gods-nya antara lain Slayer, Metallica, Exodus, Megadeth, Kreator, Sodom, Anthrax hingga Sepultura. Kebanyakan kota- kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Jogjakarta, Surabaya, Malang hingga Bali, scene undergroundnya pertama kali lahir dari genre musik ekstrem tersebut. Di Jakarta sendiri komunitas metal pertama kali tampil di depan publik pada awal tahun 1988. Komunitas anak metal (saat itu istilah underground belum populer) ini biasa hang out di Pid Pub, sebuah pub kecil di kawasan pertokoan Pondok Indah, Jakarta Selatan. Menurut Krisna J. Sadrach, frontman Sucker Head, selain nongkrong, anak-anak yang hang out di sana oleh Tante Esther, owner Pid Pub, diberi kesempatan untuk bisa manggung di sana. Setiap malam minggu biasanya selalu ada live show dari band-band baru di Pid Pub dan kebanyakan band-band tersebut mengusung musik rock atau metal.

 

 

 

 

 

 

* Tampilnya sekelompok anak muda yang demam metal di kawasan jakarta dimana mereka manggung, tepatnya biasa hang out di Pid Pub, sebuah pub kecil di kawasan pertokoan Pondok Indah, Jakarta Selatan *

 

Berkonsernya dua supergrup metal internasional di Indonesia, Sepultura (1992) dan Metallica (1993) memberi kontribusi cukup besar bagi perkembangan band-band metal sejenis di Indonesia. Tak berapa lama setelah Sepultura sukses “membakar” Jakarta dan Surabaya, band speed metal Roxx merilis album debut self-titled mereka di bawah label Blackboard. Album kaset ini kelak menjadi salah satu album speed metal klasik Indonesia era 90-an. Hal yang sama dialami pula oleh Rotor. Sukses membuka konser fenomenal Metallica selama dua hari berturut-turut di Stadion Lebak Bulus, Rotor lantas merilis album thrash metal major labelnya yang pertama di Indonesia, Behind The 8th Ball (AIRO). Bermodalkan rekomendasi dari manajer tour Metallica dan honor 30 juta rupiah hasil dua kali membuka konser Metallica, para personel Rotor (minus drummer Bakkar Bufthaim) lantas eksodus ke negeri Paman Sam untuk mengadu nasib. Sucker Head sendiri tercatat paling telat dalam merilis album debut dibanding band seangkatan mereka lainnya. Setelah dikontrak major label lokal, Aquarius.

Di Indonesia, musik “Metal” atau yang sering disebut musik beraliran keras, bisa dikatakan sebagai musik yang bergerak di bawah tanah dan lazim disebut musik underground. bagaimana tidak, band-band metal selalu dikesampingakan dalam penampilannya di panggung nasional, karena dianggapnya sebagai band biang kerok kerusuhan, keonaran, berisik, lirik yang kasar, penampilannya ugal-ugalan dll. Tetapi sejatinya tidaklah mengisyaratkan demikian. Walaupun musik metal dianggap musik berisik atau musik kaleng krupuk yang dilempar-lempar, tetapi dalam proses penciptaan dan pelantunannya tetap mengikuti progresi nada-nada yang layak untuk dinikmati dan lirik-lirik yang disuarakan merupakan bentuk ekspresi yang wajar dan jujur. Syair-syair yang tersirat merupakan nafas kritik sosial, politik, tentang Tuhan, cinta, dan makna-makna yang sesungguhnya sangat menyentuh jika disimak dengan baik. Kalau dilihat perjalanannya, akhir-akhir ini, band-band metal di Indonesia mulai menggeliat dan “muncul dari bawah” tanah untuk meramaikan persaingan dengan band-band mainstream di Indonesia…seperti kelompok-kelompok  Koil, Burger Kill, Tengkorak, Revolusi Kaisar adalah beberapa band metal Indonesia yang mulai mendapat apresiasi pecinta musik Indonesia secara luas khususnya anak-anak muda dari kota-kota besar hingga merembet ke kota-kota lainnya.

 

 

 

 

* Kelompok Band Metal Indonesia yang munculnya bergerak perlahan-lahan adalah kelompok Koil, Buger Kill dan Tengkorak. Mereka beberapak kali mengadakan konser diIndonesiadan mendapat sambutan yang hangat oleh komunitasnya *

 

7. Komunitas Musik Metal di Indonesia

Komunitas musik metal di Indoesia, sebenarnya banyak. Mereka bergerak secara berkelompok dengan biaya operasional melalui komunitasnya sendiri, seperti kelompok underground di Bandung, Jawa Barat, beberapa tahun kumpulnya hanya sekedar wacana tetapi beberapa tahu kemudian telah muncul kembali ke permukaan. Mereka akan menggelar Konser Musik Metal Terbesar di Indonesia di Lapangan Saparua, Bandung, pada Ahad besok. Dalam mengapresiasi komunitas kelompok metal memang unik, betapa tidak komunitas ini cara berpakaian sering mengudang perhatian banyak orang karean pakiannya berhiaskan pernik-pernik dari metas serta sepatu berlaras tinggi dan terkadang motornya juga nyentrik dan sangar seperti motor model copper. kegiatan bermusik komunitas itu hampir menciptakan keonaran antar komunitas oleh karena itu, Polisi sangat ketat mengeluarkan izin dalam menyelenggarakan konser musik cadas di tempat-tempat terbuka, karena dikhawatirkan menciptakan keributan atas ulahnya yang dipacu dengan music yang berkecepatan tinggi itu.

 

 

 

 

 

* Komunitas Metal di Indonesia telah muncul dibawah tanah dan bergerak secara mandiri melalui organisasi yang mereka bentuk tersebar di berbagai kota besar di Indonesia *

 

Bagaimanapun juga komunitas ini akan muncul terus di wilayah Indonesia seiring dengan munculnya arus komunikasi global dan melanda di berbagai belahan dunia, tentunya kita tak dapat menahannya, Tinggal tergantung dari kita menyikapinya denga kejernihan pikiran serta landasan dan benteng budaya kita sendiri. Dan yang paling penting adalah adanya sosialisasi dari organisasi masyarakat khususnya organisasi pemuda untuk selalu bekerjasama dengan Kepolisian melakukan diskusi dan seminar tentang kenakalan remaja dan narkotika yang sangat erat kaitannya dengan aktifitas generasi muda.  Apapun aliarn musiknya dan komunitasnya, sepanjang tidak menciptakan keributan keresahan hidup dimasyarakat, kita dan para penegak ketertiban dan hukum turut mendukungnya. Karena pada dasarnya kelompok-kelompok ini di dunia internasional telah berkembang baik, maka di Indonesia tidak… ?. Kesemuanya itu tergantung dari sikap diri kita menyikapinya dengan arif.

 

 

 

* Dengan sosialisasi melalui berbagai macam kegiatan seperti diskusi, ceramah dan pementasan melalui lomba secara berkala maka penyebab tentang kenakalan remaja dan narkotika,  dampak penyalagunaannya dapat dicegah *

 

Posted in SENI | 290 Comments

Leave a Reply